Tips Sehat Bagi Mahasiswa

Ok gaes, bagi kamu para mahasiswa jangan lupa utk selalu jaga kondisi ya gaes
berikut adalah tips2 utk kamu yg masih menuntut ilmu di dunia kampus alias mahasiswa


Ok gaes, bagi kamu para mahasiswa jangan lupa utk selalu jaga kondisi ya gaes
berikut adalah tips2 utk kamu yg masih menuntut ilmu di dunia kampus alias mahasiswa
 
1. Jangan lupa sarapan
Jadwal kuliah yang pagi, terkadang membuat mahasiswa sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan.
Sarapan dibutuhkan karena secara alamiah, ketika Kamu bangun dari tidur, gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk membuat otot dan otak bekerja optimal biasanya dalam keadaan rendah. Oleh karena itu, sarapan dapat membantu tubuh Kamu meningkatkan kadar gula darah tersebut. Selain itu, ketika Kamu tidak sarapan, Kamu akan cenderung makan lebih banyak pada siang harinya.

2. Makan makanan yang sehat
Makanan sehat memang tidak terlalu menarik perhatian. Dan sebaliknya, makanan cepat saji justru sangat menarik perhatian. Padahal, makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan Kamu.
Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan, Kamu perlu memperhatikan apa yang Kamu makan. Hindari makanan yang tinggi kalori, lemak jenuh, dan kurangi jumlah gula dan garam dalam setiap makanan yang Kamu makan. Tak lupa perbanyaklah makanan sayur-sayuran dan buah-buahan

3. Minum air yang cukup
Konsumsi air yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga pola makan Kamu agar tidak berlebihan. Oleh karena itu, untuk menjaga asupan air, Kamu dapat membawa minuman di dalam botol saat Kamu beraktivitas.

4. Tidur yang cukup
Kurang tidur adalah hal umum yang sering kali terjadi di kalangan mahasiswa. Sepadat apapun aktivitas Kamu, Kamu perlu mengatur waktu tidur Kamu agar tetap sesuai dengan kebutuhan Kamu. Tidur cukup ternyata dapat menjaga tingkat energi Kamu, memperkuat sistem kekebalan tubuh Kamu, berpikir jernih, dan meningkatkan suasana hati Kamu.
Selain itu, segala aktivitas yang berlangsung hingga larut malam juga dapat mengganggu kualitas dan pola tidur Kamu yang dapat meningkatkan produksi hormon stres. Oleh karena itu, cobalah untuk menentukan waktu tidur yang konsisten serta menjaga gaya hidup yang sehat seperti hindari kafein, nikotin, ataupun alkohol yang dapat mengganggu tidur Kamu.

5. Perbanyak olahraga
Sesibuk apapun Kamu, sediakanlah waktu sedikit untuk berolahraga. Olahraga dapat membantu Kamu mengurangi stres, meningkatkan kemampuan Kamu untuk berkonsentrasi, dan meningkatkan suasana hati Kamu.
Selain itu, berolahraga juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan membuat Kamu bugar. Meskipun sulit, Kamu tetap harus memulainya meskipun dengan bentuk olahraga yang sederhana seperti jalan kaki atau jogging.




Ok gaes salam sehat yaaa



Komentar